Sabtu, 17 Mei 2014

ILMU TERNAK PERAH




“Analisis SWOT Usaha Ternak Perah Di Indonesia”
Analisis SWOT merupakan salah satu analisis yang sering digunakan untuk mengetahui strategi yang dipakai oleh praktisi usaha, termasuk praktisi usaha perternakan ternak perah. Dalam analisis ini ada beberapa hal pokok yang dicermati, yaitu kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities) dan ancaman atau kendala (Threat). Berikut contoh analisis SWOT terhadap usaha peternakan sapi perah yang ada di Indonesia :
*      Kekuatan (Strength)
Faktor-faktor yang dapat dijadikan sebagai kekuatan dalam usaha peternakan sapi perah ini diantaranya adalah sebagai berikut.
1.      Kondisi Indonesia sebagai negara agraris, sangat potensial menyediakan pakan bagi ternak perah.
2.      Pertumbuhan masyarakat yang cukup pesat dan jumlah penduduk Indonesia yang cukup besar (> 200 juta penduduk).
3.      Dengan jumlah penduduk yang besar, maka permintaan akan susu akan besar pula.
4.      Kebutuhan susu nasional yang masih diimpor dari luar (mencapai 70%).
5.      90% dari peternak adalah masih bersifat peternakan rakyat.
6.      Keberadaan sapi perah di Indonesai yang sudah dimulai sejak zaman penjajahan Belanda.
7.      Adanya Industri Pengolahan Susu (IPS) yang menampung produksi susu dari peternakan.
8.      Jumlah sarjana peternakan di Indonesia yang cukup banyak.
9.      Pemanfaatan teknologi IB sudah meluas yang mengurangi biaya produksi dan meningkatkan laju reproduksi.
10.  Adanya balai - balai IB yang menyediakan bibit pejantan, memproduksi semen dan mendistribusikannya.
11.  Adanya petugas IB yang memberikan pelayanan IB dan kesehatan.
12.  Adanya kelompok-kelompok peternak sapi perah sebagai wadah peternak - peternak kecil yang mengkoordinasi dan menampung semua permasalahan yang berkaitan dengan peternakan.
13.  Pelatihan dan penyuluhan tentang sapi perah oleh petugas penyuluh pertanian dan petugas koperasi susu atau KUD untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan peternak.
14.  Pelatihan dan pengembangan ketrampilan bagi karyawan perusahaan susu.
*      Kelemahan (weakness)
Faktor- faktor yang dapat menjadi kelemahan dalam usaha peternakan sapi perah ini diantaranya adalah sebagai berikut.
1.      Produktivitas sapi perah masih rendah.
2.      Kebijakan pemuliaan sapi perah yang tidak terarah karena sistem pencatatan yang kurang bagus, sehingga peningkatan mutu genetik lamban.
3.      Pengadaan bibit pejantan IB dan bahan baku konsentrat masih impor.
4.      Penggunaan bahan baku konsentrat masih bersaing dengan manusia.
5.      Keterbatasan lahan budidaya hijauan makanan ternak.
6.      Membutuhkan area yang cukup luas.
7.      Biaya produksi yang cukup tinggi.
8.      Pendidikan dan ketrampilan peternak yang masih rendah (SDM rendah).
9.      Sistem pencatatan produksi dan reproduksi yang buruk pada peternakan rakyat.
10.  Adanya kasus pemalsuan susu.
11.  Orientasi masyarakat yang cenderung mengganggap sector peternakan tidak menjanjikan secara ekonomi.

*      Peluang (Opportunities)
Peluang (Opportunities) yang mungkin akan dihadapi dalam menjalankan usaha peternakan sapi perah diantaranya adalah sebagai berikut.
1.      Permintaan susu dalam negeri belum terpenuhi.
2.      Hubungan yang baik antara peternak, Koperasi Susu atau KUD dengan IPS.
3.      Jalur distribusi produk yang sudah jelas.
4.      Berkembangnya diversifikasi produk olahan susu sehingga memperluas pangsa pasar produk susu.
5.      Konsumsi susu sapi yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan susu dari ternak yang lainnya.
6.      Meningkatnya konsumsi susu terutama akibat tuntutan selera yang menginginkan aneka produk.
7.      Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat.
8.      Peningkatan pengetahuan terutama ilmu gizi dan taraf hidup masyarakat.
9.      Tersedianya tenaga kerja.
10.  Adanya kebijakan-kebijakan pemerintah yang mendukung pelaksanaan usaha peternakan sapi perah.
11.  Berkembangnya pasar swalayan, restoran dan lain-lain, yang dapat mendukung sistem distribusi produk.
*      Ancaman (Threat)
Sedangkan faktor-faktor yang dapat menjadi ancaman bagi usaha peternakan sapi perah ini diantaranya adalah sebagai berikut.
1.      Harga bahan baku pakan  ternak (konsentrat) relative tinggi.
2.      Melemahnya rupiah terhadap dollar.
3.      Kebijakan pemerintah yang menghambat kinerja perusahaan.
4.      Sistem birokrasi yang masih susah dan ribet.
5.      Sering ada pungutan liar oleh para oknum pemerintahan.
6.      Tingkat suku bunga pinjaman yang tinggi.
Berdasarkan analisis SWOT, maka strategi-strategi yang dapat dilakukan dalam menjalankan usaha peternakan sapi perah diantaranya adalah seperti yang dipaparkan di bawah ini.

*      Strategi S - O
1.      Meningkatkan pemanfaatan teknologi IB untuk meningkatkan laju reproduksi.
2.      Mengembangkan skala usaha untuk meningkatkan produksi.
3.      Memanfaatkan kelompok-kelompok peternak, koperasi susu atau KUD, balai IB dan IPS sesuai dengan fungsinya.
4.      Meningkatkan kerjasama antara peternak, koperasi susu atau KUD, balai IB dan IPS.
5.      Mengurangi ketergantungan impor bahan baku konsentrat dengan memanfaatkan bahan baku lokal terutama by product pertanian dan limbah industri misalnya ampas tahu dan ampas tempe.
*      Strategi W – O
1.      Meningkatkan produktivitas sapi perah dengan memperbaiki mutu genetik dan manajemen beternak.
2.      Mengurangi ketergantungan impor bahan baku konsentrat dengan memanfaatkan bahan baku lokal terutama by product pertanian dan limbah industri misalnya ampas tahu dan ampas tempe.
3.      Memperbaiki budidaya hijauan makanan ternak, mengusahakan lahan untuk budidaya dan memperbaiki teknologi pengawetannya.
4.      Membuat dan melaksanakan kebijakan pemuliaan yang sesuai terutama memperbaiki sistem pencatatan dan memanfaatkannya.
*      Strategi S - T
1.      Mengoptimalkan pelayanan KUD terutama dalam pengadaan konsentrat dengan pemanfaatan bahan baku pakan lokal untuk mengurangi ketergantungan impor.
2.      Pendayagunaan tenaga ahli peternakan untuk misalnya untuk memformulasikan konsentrat dengan menggunakan bahan baku lokal.
3.      Untuk mengatasi masalah bunga pinjaman yang tinggi dengan memperbaiki dan mempertahankan hubungan kerjasama antara pihak investor dan lembaga-lembaga perbankan dengan KUD, IPS dan peternak agar diperoleh modal dengan skim kredit yang sesuai dengan usaha peternakan.
*      Strategi W - T
1.      Mengurangi ketergantungan impor bahan baku konsentrat dengan memanfaatkan bahan baku lokal terutama by product pertanian dan limbah industri misalnya ampas tahu dan ampas tempe.
2.      Membuat dan melaksanakan kebijakan pemuliaan yang sesuai terutama memperbaiki sistem pencatatan dan memanfaatkannya.

DAFTAR PUSTAKA
http://muniraintan.blogspot.com/ (diakses pada Minggu, 22 December 2013)

2 komentar:

  1. Halo semuanya
    Nama saya JOSEPHINE JUMAWAN CABALLO, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin berterima kasih kepada ibu yang baik KARINA ROLAND karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berutang bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia teman saya memanggil susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Mrs. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, jadi saya terpaksa menghubungi Susan Ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Mrs. KARINA ROLAND bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya dipaksa untuk bersikap berani dan saya menghubungi Mrs. KARINA ROLAND dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diteruskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang kerja yang baik dari Ny. KARINA ROLAND jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Mrs. KARINA ROLAND LOAN COMPANY: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478 dan saya menjamin Anda bahwa Anda akan memberikan informasi seperti yang saya miliki selesai dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mrs.karina Roland email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu KARINA ROLAND untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  2. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus